Tips Desain untuk Membuat Undangan Pernikahan (Bagian 2)


Ketika menulis teks untuk undangan kamu, sebaiknya ikuti resep tradisional yang telah dicoba dan diuji. Bahkan jika undangan kamu memiliki desain modern dan tidak konvensional, kamu tetap harus menyelaraskan teksmu secara terpusat (di tengah).
Mengapa? Menyejajarkan teks secara terpusat membuat teks tampak lebih formal dan penting, dan membedakan undangan sebagai sesuatu yang penting dan patut diperhatikan. Potongan teks yang lebih kecil (misalnya nama dan tanggal) juga terlihat lebih teratur dan lebih elegan bila disejajarkan secara terpusat di tengah. Flushing text off-center bisa membuat header terlihat sedikit berantakan.
Jadi, ketika kamu datang untuk mengatur teks pada desainmu, pastikan untuk menyeret vertical guide ke bagian titik tengah halaman, software mana pun yang kamu pilih untuk digunakan, dan pastikan semua bingkai teks sejajar secara terpusat.
Kamu juga bisa memaksakan tingkatan pada teks dengan menerapkan berbagai bobot dan ukuran font ke bagian yang berbeda. Coba atur nama pasangan dalam ukuran italic besar, tanggal dan waktu acara dengan huruf tebal/bold (kamu tidak ingin ada yang melupakan ini!) Dan item tambahan seperti dresscode dalam ukuran yang lebih kecil dan berat ringan atau yang biasa.
Pertimbangkan untuk memisahkan bagian teks yang berbeda dengan menggunakan pemisah (cobalah banner pita untuk style vintage, atau skrip elegan yang dikembangkan untuk desain tradisional, seperti dalam undangan pernikahan elegan yang ditunjukkan di bawah ini) untuk membuat informasi lebih mudah dicerna.
Ampersand yang sederhana, '&' yang berlekuk-lekuk digunakan untuk menunjukkan 'dan', adalah teman terbaikmu saat merancang undangan pernikahan.
Terutama bila terselip di antara nama pasangan, ampersand terlihat elegan, dramatis dan menarik, tanpa mengganggu teks di sekitarnya. Ganti yang tidak berguna dan 'dan' yang terlihat menyedihkan dengan pengganti dekoratif sebagai gantinya!
Sebuah ampersand yang baik butuh sedikit perburuan. Namun berikut adalah beberapa tipografi dengan ampersand yang indah untuk kamu mulai:
  • Adobe Caslon Pro, Italic
caslon ampersand
cinzel ampersand
mutlu ampersand
Kamu akan takjub melihat betapa sederhananya perubahan warna pada desain kamu dapat mengubah keseluruhan tampilan dan nuansa undangan. Saya sangat percaya pada keefektifan dari kesederhanaan, desain yang minimalis, dan warna merupakan cara terbaik untuk menambahkan kepribadian dan tema jika tidak klasik, layout yang fungsional.
Ambillah contoh undangan pernikahan yang layak pada musim dingin ini. Moody, background yang suram dan teks putih yang tajam adalah dunia yang jauh dari latar belakang putih / krem yang tradisional dengan teks gelap.
Warna dramatis undangan sangat cocok untuk pernikahan musim dingin, namun desainnya bisa dengan mudah dialihkan ke warna pastel yang lebih terang untuk menciptakan tampilan yang sangat berbeda.
Jangan remehkan dampak kontras yang tinggi dari desain monokrom juga. Palet hitam dan putih bisa terlihat glamor, klasik dan modis secara sekaligus. Jatuhkan sentuhan emas atau perak foiling untuk kombinasi warna ekstra yang khusus.
Setelah kamu senang dengan layout dasar undanganmu, termasuk teks, grafik dan border, bereksperimenlah dengan kombinasi warna yang berbeda, dan pertimbangkan untuk menunjukkan pilihan ini pada pasangan untuk membantu mereka merasa terlibat dalam prosesnya.
Warna adalah hal yang mudah untuk diubah, namun elemen inti dari desain mungkin lebih sulit untuk dipikirkan ulang; memilih warna adalah pintu gerbang yang mudah untuk menuju proses desain jika kamu sedang merancang untuk klien atau teman.
Desain undangan klasik akan selalu bergaya, dan sesuai dengan berbagai acara dan selera pribadi. Kecuali pernikahan yang memiliki tema yang kuat, desain tradisional akan bekerja dengan sangat baik, dan jika dirancang dengan indah, akan dihargai selamanya oleh pasangan dan tamu mereka.
Untuk membuat desain klasik kamu tetap terlihat modern, tidak kaku, cobalah menyeimbangkan elemen feminin dan maskulin pada desain. Lurus, pembagi garis yang bebas dari kehebohan dan border geometris memberi desain ini tepi yang maskulin, sementara tulisan dengan huruf miring (italic) memberikan sentuhan feminin.
Mengapa tidak mengenalkan hanya satu elemen yang tidak konvensional pada desain klasik yang sebaliknya? Dalam contoh undangan pernikahan klasik ini, tipografi memiliki getaran vintage yang jelas, dan background gelap yang membuatnya tampak glamor, tidak tenang dan serius.
Apapun style undangan yang kamu pilih untuk desainmu, cobalah mengingat siapa pasangan itu, dan seperti apa selera pribadi mereka.
Jika kamu merancang undangan untuk pernikahan kamu sendiri, ini tidak mungkin menjadi masalah. Tapi jika kamu merancang untuk kerabat, teman, atau klien, cobalah untuk tidak terbawa suasana. Orang-orang memberi komisi kepada para perancang karena mereka menginginkan keahlian dan nasehat, namun undangan pernikahan sangat bersifat pribadi, dan pasangan bisa sangat kecewa jika mereka menginginkan desain bunga yang anggun namun menerima kreasi Art Deco yang mencolok di tempatnya!
Salah satu cara terbaik untuk menghindari benturan selera ini adalah dengan meminta pasangan tersebut memberi penjelasan singkat dari awal. Tanyakan kepada mereka style apa yang mereka suka (misalnya vintage, elegan, kontemporer), dan tunjukkan beberapa contoh untuk merangsang minat mereka dan memberi kamu gagasan yang lebih baik tentang apa yang mereka cari. Pasangan yang menyukai fashion dan furniture yang terinspirasi vintage mungkin juga menyukai sesuatu seperti desain undangan pernikahan retro yang menyenangkan ini.
Kamu tidak akan pernah tahu yang lebih disukaiseseorang kecuali jika kamu bertanya! Ini juga sangat berguna untuk menanyakan pasangan apa yang sebenarnya tidak mereka sukai juga. Tidak ada gunanya menghabiskan waktu untuk menyempurnakan border bunga jika bunga bukan kesukaan mereka.
Masalah praktis penting lainnya yang perlu dipertimbangkan adalah anggaran pasangan, dan pertimbangkan hal ini saat kamu menyusun desain foil emas agar terlihat cantik, tapi juga jadi mahal untuk pasangan yang berburu harga tawar-menawar.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian Undangan Rapat

Jenis Printer Untuk Mencetak Undangan di Rumah

Undangan Pernikahan Unik dan Kreatif (Bagian 2)